Minggu, 16 November 2014

MANUSIA DAN LINGKUNGAN


MANUSIA DAN LINGKUNGAN

1.Jelaskeun ngeunaan perangkat internal jeung eksternal nu di bogaan ku manusa nu aya kaitanna jeung posisina salaku kalofaj di dunia!
(Jelaskan mengenai perangkat internal dan eksternal yang dimiliki oleh manusia berkaitan dengan posisinya sebagai kalofaj di Bumi !)

Allah SWT nyiptakeun manusia di lengkapan jeung sajaba perangkat nu lainna,rek internal atawa eksternal.perangkat internal manusa secara biologis disususn tina triliunan sel,nu sabagian lobana nyaeta sel hirup.sel-sel eta the ngabentuk jaringan,sedangkeun jaringan ngabentuk organ,jeung kumpulan organ ieu ge ngabentuk individu.Manusa disususn tina rebuan organ,nu paling penting nyaeta otak.otak manusa disusun tina satriliun sel,dimana 100 miliar diantarana aktif langsung dijero proses mikir.salain hate(qolbu),organ ieu oge nu ngabedakeun manusa jeung makhluk sejenna,sangkan berhak nyandang predikat jadi kalifah di dunya atau makhluk nu paling sampurna.

(Allah S.W.T menciptakan manusia dilengkapi dengan berbagai perangkat yang menyertainya, baik internal atau eksternal. Perangkat internal manusia secara biologis tersusun atas triliunan sel, yang sebagian besar adalah sel hidup. Sel-sel tersebut membentuk jaringan, sedangkan jaringan membentuk organ, dan kumpulan organ itupun membentuk individu. Manusia tersusun atas ribuan organ, yang terpenting antara lain otak. Otak manusia tersusun dari 1 triliun sel, di mana 100 milyar di antaranya aktif langsung dalam proses berpikir. Selain hati (qolbu), organ inilah yang membedakan manusia dibanding mahluk lainnya, sehingga berhak menyandang predikat sebagai kalifah di Bumi atau mahluk yang paling sempurna.)

 2. Naon nu dimaksud pentingna kasaimbangan mikir jeung perasaaan dinu ngaeksploitas lingkungan?
(Apa yang dimaksud dengan pentingnya keseimbangan berpikir dan berperasaan dalam mengeksploitasi lingkungan ? )
Kasaimbangan mikir jeung perasaan dina ngaeksploitas lingkungan penting pisan keur kalestarian alam jeung lingkungan.Maksadna nyaeta,manusa kudu bisa ngabatasan atau ngontrol sifat sarakah nu aya dina diri manusa(eksploitasi lingkunan leuleuwihan).

(Keseimbangan berpikir dan berperasaan dalam mengeksploitasi lingkungan sangat penting bagi kelestarian alam atau lingkungan. Maksudnya yaitu, Manusia harus bisa membatasi atau mengontrol sifat rakus yang ada pada manusia (eksploitasi lingkungan secara berlebihan).)


 3. Naon bedana motif eknomo jeung motif kejejahteraan jeung kaberkahan dina berinteraksi jeung lingkungan?
(Apa beda motif ekonomi dengan motif  kesejahteraan dan keberkahan dalam berinteraksi dengan lingkungan ?)

Dina motif ekonomi ngan aya upaya neangan kauntungan saloba-lobana,teu ningali kalestarian lingkungan.sabalikna jeung motif kasejahteraan jeung kaberkahan,numatak aspek kalestarian lingkungan jadi priorotas.

(Di dalam motif ekonomi hanya ada upaya pencarian keuntungan sebanyak-banyaknya, tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan. Sebaliknya dengan motif kesejahteraan dan keberkahan maka aspek kelestarian lingkungan menjadi prioritas.)


  4. Jelaskeun pangarti lingkungan hirup ceuk UU No.23 Tahun 1997 ngeunaan Pengelolaan Lingkungan Hirup?)
(Jelaskan pengertian lingkungan hidup menurut UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolan Lingkungan Hidup?)

Ceuk UU 23 Tahun 19997 ngeunaan Pengelolaan Lingkungan Hirup,defisina nyaeta kasatuan ruang jeung sakabeh banda,daya,kaayaan,jeung makhlup hirup,kaasup manusa,jeung prilakuna,nu ngaruh kana kalangsungan hirup jeung kasejahteraan manusa jeung makhluk nu lainna.

(Menurut uu 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan  ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan  makhluk hidup, termasuk manusia, dan perilakunya, yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.)

 5. Bere penjelasan ngeunaan ilmu lingkungan!
(Berikan penjelasan mengenai ilmu lingkungan !)

Ilmu lingkungan (environmental science atau envirology) nyaeta ilmu nu mempelajari tentang lingkungan hirup.Ilmu lingkungan mangrupakeun perpaduan konsep jeung asas tengtang sajaba ilmu(utamana ekologi,ilmu nulainna : biologi,biokimia,hidrologi,oceanografi,meteorologi,ilmu taneuh,geografi,demografi,ekonomi jeung sajabana),nu tujuanna keur mempelajari jeung mecahkeun masalah nu nyangkut hubunganna antara makhluk hirup jeung lingkunganna.Ilmu lingkungan mangrupakeun pangjabaran atawa terapan tina ekologi.

(Ilmu lingkungan (environmental science atau envirology) adalah ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup. Ilmu lingkungan merupakan perpaduan konsep dan asas berbagai ilmu (terutama ekologi, ilmu lainnya: biologi, biokimia, hidrologi, oceanografi, meteorologi, ilmu tanah, geografi, demografi, ekonomi dan sebagainya), yang bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah yang menyangkut hubungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Ilmu lingkungan merupakan penjabaran atau terapan dari ekologi.)


  6. Naon nu anjeun dipikanyaho ngeunaan perkembangan kajian lingkungan hirup di Indonesia?
(Apa yang anda ketahui tentang perkembangan kajian lingkungan hidup di Indonesia ?)

Salah sahiji puncak perkembangan pendidikan lingkungan nyaeta dirumuskeunna tujuan pendididkan lingkungan hirup ceuk UNCED nyaeta : Pendididkan Lingkungan Hidup (enviromental education-EE) nyaeta “proses keur ngabangun populasi manusia di dunya nu sadar jeung paduli kana lingkungan total (sakabehna) jeung sagala masalah nu aya kaitan jeung manehna,jeug masyarakat nu miboga pengetahuan,katarampilan,laku jeung pari polah,motivasi sarta komitmen keur kerja sama,boh secara individu atawa secara klektif,keu mecahkeun masalah lingkungan ayeuna,jeung ngajaga timbulna masalah anyar” (Unesco,1978)

(Salah satu puncak perkembangan pendidikan lingkungan adalah dirumuskannya tujuan pendidikan lingkungan hidup menurut UNCED adalah sebagai berikut: Pendidikan Lingkungan Hidup (environmental education – EE) adalah “suatu proses untuk membangun populasi manusia di dunia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan total (keseluruhan) dan segala masalah yang berkaitan dengannya, dan masyarakat yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan tingkah laku, motivasi serta komitmen untuk bekerja sama, baik secara individu maupun secara kolektif, untuk dapat memecahkan berbagai masalah lingkungan saat ini, dan mencegah timbulnya masalah baru” (Unesco, 1978).)


 7. Jelaskeun bedana ilmu lingkungan jeung ekologi !
(Jelaskan perbedaan ilmu lingkungan dengan ekologi !)

Ilmu lingkungan mangrupakeun perpaduan konsep jeung asas ilmu nu tujuanna keur mempelajari jeung mecahkeun masalah ngeunaan hubungan antara makhluk hirup jeung lingkunganna.Ekologi nyaeta ilmu nu mempelajari interaksi antara organisme jeung ligkungsnna.
(Ilmu lingkungan merupakan perpaduan konsep dan asas berbagai ilmu yang bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.)


 8. Kumaha kaitanna antara ekologi jeung politik,ekologi jeung ekonomi,oge ekologi jeung antropologi?
(Bagaimana kaitan antara ekologi dengan politik, ekologi dengan ekonomi dan ekologi dengan antroplogi ?)

a.Ekologi dina politik
Ekologi nimbulkeun loba filsafat nu nguatkeun jeung ngagerakeun politik,kaasup gerakan konservasi,kasehatan,lingkungan,jeung ekologi nu ku arurang di pikanyaho ayeuna.waktos sadayana di hijikeun jeung gerakan perdamaian jeung genep asas,disebut gerakan hijau.Umumna,nyandak kasehatan ekosistem nu kahiji dina daftar moral manusa jeung prioritas politik,sapertos jalan keur ngagapai kasehatan manusa jeung kaharmonisan sosial,jeung ekonomi nu leuwih hade.
Jalma nu miboga kapercayaan eta teh di sebut ekolog politik.Sabagean geus di atur kana jero kelompok hijau,ngan aya nu bener-bener ekolog politik di jerona loba partai politik.Geus sering maranehna ngagunakeun argumen tina ekologi keur ngalanjutkeun kebijakan,khususna kebijakan leuweung jeung energi.Sakapeung argumen-argumen eta teh sok beda antara hiji jeung nu lainna ,sapertos loba nu dilakukeun akademis oge.

(Ekologi dalam politik
Ekologi menimbulkan banyak filsafat yang amat kuat dan pergerakan politik – termasuk gerakan konservasikesehatan, lingkungan,dan ekologi yang kita kenal sekarang. Saat semuanya digabungkan dengan gerakan perdamaian dan Enam Asas, disebut gerakan hijau. Umumnya, mengambil kesehatan ekosistem yang pertama pada daftar moral manusia dan prioritas politik, seperti jalan buat mencapai kesehatan manusia dan keharmonisan sosial, dan ekonomi yang lebih baik.
Orang yang memiliki kepercayaan-kepercayaan itu disebut ekolog politik. Beberapa telah mengatur ke dalam Kelompok Hijau, namun ada benar-benar ekolog politik dalam kebanyakan partai politik. Sangat sering mereka memakai argumen dari ekologi buat melanjutkan kebijakan, khususnya kebijakan hutan dan energi. Seringkali argumen-argumen itu bertentangan satu sama lain, seperti banyak yang dilakukan akademisi juga.)
b. Ekologi dina Ekonomi
Loba ekolog nu ngahubungkeun ekologi jeung ekonomi manusa:
Lynn Margulis ngucapkeun yen studi ekonomi teh kumaha manusa nyieun kahirupan.Studi ekologi kumaha tiap binatang nu lainna nyieun kahirupan.
Mike Nickerson ngucapkeun yen “ekonomi tilu perlima ekologi” saprak ekosistem nyiptakeun sumber jeung miceun sampah,numana ekonomi nganggap dilakukeun “keur bebas”.
Ekonomi ekologi jeung teori perkembangan manusa nyobaan misahkeun pertanyaan ekonomi jeung nu  lainna,ngan hese.Loba jelema mikir ekonomi karek jadi bagian ekologi,jeung ekonomi ngantepkeunna salah.”Modal alam” nyaeta 1 contoh 1 teori nu ngagabungkeun 2 hal eta.
(Ekologi dalam ekonomi
Banyak ekolog menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:
·         Lynn Margulis mengatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat kehidupan. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya membuat kehidupan.
·         Mike Nickerson mengatakan bahwa "ekonomi tiga perlima ekologi" sejak ekosistem menciptakan sumber dan membuang sampah, yang mana ekonomi menganggap dilakukan "untuk bebas".
Ekonomi ekologi dan teori perkembangan manusia mencoba memisahkan pertanyaan ekonomi dengan lainnya, namun susah. Banyak orang berpikir ekonomi baru saja menjadi bagian ekologi, dan ekonomi mengabaikannya salah. "Modal alam" ialah 1 contoh 1 teori yang menggabungkan 2 hal itu.)

c. Ekologi dina kacamata antropologi
Kadang ekologi dibandingkeun jeung antropologi,kusabab duanana ngagunakeun loba metode keur mempelajari hiji hal nu urang teu bisa hirup tanpa eta.Antropologi nyaeta tentang kumaha awak jeung pikiran arurang di pangaruhan ku  lingkungan arurang,ekologi nyaeta tentang kumaha lingkungan urang di pangaruhan awak jeung pikiran urang.
Sababaraha jelema mikir manehna ngan saurang ilmuwan,ngan paradigma mekanistik ngaletakan subyek manusa dina kontrol objek ekologi-masalah subyek-obyek.Ngan dina psikologi evolusioner atau psikoneuroimunologi misalna tangtu lamun kamampuan manusa jeung tantangan ekonomi berkembang babarengan.Nu bener ditetapkeun Antoine de Saint-Exupery : “Dunya ngajarkeun arurang leuwih loba tentang diri arurang daripada sakabeh buku.Kusabab kitu nolak arurang.Manusa manggihan dirina sorangan keur manehna ngabandingkeun diri sorangan kanu hambatan”.
(Ekologi dalam kacamata antropologi
Terkadang ekologi dibandingkan dengan antropologi, sebab keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal yang kita tak bisa tinggal tanpa itu. Antropologi ialah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita, ekologi ialah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi tubuh dan pikiran kita.
Beberapa orang berpikir mereka hanya seorang ilmuwan, namun paradigma mekanistik bersikeras meletakkan subyek manusia dalam kontrol objek ekologi — masalah subyek-obyek. Namun dalam psikologi evolusioner atau psikoneuroimunologi misalnya jelas jika kemampuan manusia dan tantangan ekonomi berkembang bersama. Dengan baik ditetapkan Antoine de Saint-Exupery: "Bumi mengajarkan kita lebih banyak tentang diri kita daripada seluruh buku. Karena itu menolak kita. Manusia menemukan dirinya sendiri saat ia membandingkan dirinya terhadap hambatan.")


 9. Jelaskeun ngeunaan urgensi pendidikan lingkungan!
(Jelaskan mengenai urgensi pendidikan lingkungan !)

Ngemut kana beuki parahna karusakan lingkungan hirup nu nyebabkeun nurunna kwalitas kahirupan.Manusa jadi panguasa lingkungan hirup di bumi boga peranan gede dina nentukeun kalestarian lingkungan hirup.Manusa salaku makhluk ciptaan Allah nu boga akal budi mampu ngarubah wajah dunya tina pola kahirupan sederhana nepi ka bentuk kahirupan modern jiga ayeuna.Ngan hanjakal,kadang naon nu dilakukeun manusa teu diimbangi jeung pamikiran keun masa depan kahirupan generasi salanjutna.
Karusakan lingkungan hirup disebabkeun ku ayana tindakan nu nimbulkeun perubahan  langsung atawa teu langsung,sifat fisik atawa hayati,sangkan lingkungan hriup teu berfungsi deui dina nunjang pembangunan salanjutna.


(Mengigat semakin parahnya kerusakan lingkungan hidup yang menyebabkan menurunnya kwalitas kehidupan. Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya.
Kerusakan lingkungan hidup terjadi karena adanya tindakan yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung sifat fisik dan/atau hayati sehingga lingkungan hidup tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan.)


10.  Kumaha pendapat anjeun ngeunaan pengetahuan lingkungan?
(Bagaimana pendapat anda mengenai pengetahuan lingkungan ?)

Pengetahuan nu mikeun pelajaran ka masyarakat supados paham tentang makna tina lingkungan,nu tujuanna supados masyarakat ngajaga jeung ngalestarikeun lingkungn sarta ekosistem-ekosistem  nu aya di jerona.

(Pengetahuan yang memberikan suatu pelajaran kepada masyarakat agar memahami lebih dalam tentang makna dari lingkungan, yang bertujuan agar masyarakat dapat selalu menjaga dan melestarikan lingkungan beserta ekosistem – ekosistem yang terdapat didalamnya.)


11. Naon nu di maksud :
Pembangunan salanjutna nu berwawasan lingkungan
Ekosistem
Sumberdaya
Pencemaran lingkungan hidup
a. Pembangunan salanjutna nu berwawasan lingkungan nyaeta upaya sadar jeung terencana nu nyertakeun lingkungan hirup keur ngajamin kamampuan,kasejahteraan jeung mutu hirup generasi masa ayeuna jeung masa depan.
b. Ekosistem mangrupakeun salah sahiji tatanan kasatuan secara utuh jeung sakabehna antara segenap unsur lingkungan hirup nu saling ngaruhan.
c. Sumberdaya nyaeta salah sahiji nilai potensi nu di bogaan ku salah sahiji materi atau unsur tertentu dina kahirupan.Sumberdaya teu kudu sifatna fisik,tapi oge non fisik
d. Pencemaran lingkungan hirup nyaeta asupna atau diasupkeunna makhluk hirup,zat energi,jeung atawa komponen sejen kanu lingkungan atawa robahna tatanan lingkungan ku kagiatan manusa atawa proses alam sangkan kualitas lingkungan turun nepi ka tingkat tertentu nu nyebabkeun lingkungan jadi kurang atawa teu berfungsi sesuai jeung kumaha kuduna.

(Apa yang dimaksud dengan:
o   Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
o   Ekosistem.
o   Sumberdaya. 
o   Pencemaran lingkungan hidup 

 a.    Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan lingkungan hidup untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan masa depan. 

b.    Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 

c.    Sumberdaya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik. 

d.    Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya.)


2.  Pelajari kasus nu judulna “Partisipasi Rakyat Dina Pangalolaan Sumber Daya Alam Wilayah Ngelola Masyarakat Adat Semende jeung TNBSS”,tuliskeun pendapat atawa opini anjeun ngenaan hal eta!
Pelajari  kasus yang berjudul  “Partisipasi Rakyat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Wilayah Kelola Masyarakat Adat Semende dan TNBBS”, tuliskan pendapat atau opini saudara mengenai hal itu ! )

Dina ngelola lingkungan,dibutuhkeun rajengan sarta partisipasi rakyat keur ngatisipasi masalah-masalah nu bakal timbul.Salah sahijicontoh konflik nu timbul di masyarakat adat Semende nu teu ngalibatkeun dina panentuan perbatasan wilayah Taman Nasional,hal ieu nyebabkeun leungitna hak-hak adat jeung hukum adat jadi kaantepkeun.
Pdahal aturan hukum di Indonesia cekap sae,ngan aplikasina teu di perhatikeun sangkan ngakibatkeun lobana panyimpangan-panyimpangan nu bisa ngarugikeun.
Katerlibatan masyarakat penting pisan ngan teu eleh penting oge kasadaran jeung pengetahuan masyarakat ngeunaan pentingna pengetahuan lingkungan.

(Dalam pengelolaan lingkungan, diperlukan keterlibatan serta peran partisipasi rakyat untuk mengantisipasi masalah-masalah yang akan timbul. Salahsatu contoh knflik yang timbul pada masyarakat adat Semende yang tidak dilibatkan dalam penentuan perbatasan wilayah Taman Nasional, hal ini menyebabkan hilangnya hak-hak adat dan hukum adat  jadi terabaikan.
Padahal aturan hukum di indonesia cukup baik, namun aplikasinya tidak begitu di[erhatikan sehingga mengakibatkan banyaknya penyimpanga-penyimpangan yang dapat merugikan.
Keterlibatan masyarakat sangat penting namun tak kalah penting pula kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya  pengetahuan lingkungan.)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar